Selasa, 11 November 2008

The Definition of Alay

A L A Y, kata yang mungkin sudah tak asing lagi di kalangan anak muda jaman sekarang. Yang masih gw bingung apa itu definisi dari “ALAY”, Kenapa mereka disebut “ALAY”, dan Apakah kriteria “ALAY”? Kadang-kadang Gw suka kesel bagi mereka yang “SOK GAUL” dengan enaknya menyebut orang yang ga mereka sukain sebagai “ALAY”. Untuk masalah yang satu ini, gw udah bener-bener survey, tanya ke temen-temen gw, dan gw sempet adu debat dulu sama mereka. Ok, inilah hasil survey gw….

Andre says: Alay itu, mereka yang pake baju yg ga slayaknya d pake, norak aneh dan bisanya cuma nyorakin org rame2. Knapa mreka dsbt “ALAY”? karna mreka bisa d blg Kampungan, ga sopan,seenaknya aja

Tiwi says: Mereka disebut alay soalnya mereka ngga banget. Niatnya mau keren tp mlh aneh

Adel says: Alay itu pengen gaul dan eksis tp caranya norak hmm disebut norak krn mereka ngelakuin hal yg gak sewajarnya hmm kriteria alay kaya gini nih kalo nulis sms,”hEy qamyu gy aphh?”

Nia says : Alay itu org yg suka nongkrong dipasar,celana skolah skinny,tas skaters kulit palsu dipake diatas pundak,rokok dikuping.

Anya says : Alay itu mereka yg mau gaul tp caranya salah,

Yap mungkin cukup, kalo dari data2 diatas sih gw bisa menyimpulkan bahwa alay itu :

Seseorang yang memakai baju yang tidak wajar, seperti celana skinny, dan berpenampilan yang menurut orang-orang itu “NORAK”, rambut yang norak, pokoknya gayanya ga trendy banget deh, gak gaul. Dan yang kalo SMS itu bahasanya susah dibaca.

Itu yang bisa gw simpulkan, tapi bukan berarti definisi alay menurut gw juga seperti itu, definisi diatas jauh dari definisi menurut gw. Malah sebenernya gw ga punya definisi “ALAY”, karna gw melihat orang lain itu sama, derajatnya ga ada yang lebih rendah, ga ada yang lebih tinggi. Malahan gw ga ada pendapat untuk mencap seseorang sebagai “ALAY”, that is his/her style, any problem? Mungkin mereka merasa nyaman dengan dandanan yang mereka pakai. Tak ada salahnya untuk memakai dandanan tersebut, karna memang tak ada larangannya.

Kadang, gw malah merasa ga nyaman saat mereka yang “GAUL” menyebut seseorang dengan sebutan “ALAY” dengan jijik, kadang gw merasa ilfeel, kenapa masih ada DISKRIMINASI diantara kita, kita ini sama, ga ada bedanya, mungkin, memang ada perbedaan masalah Moral, Harta, Penampilan dan Ketampanan/Kecantikan. Tapi gw ngerasa itu ga berguna untuk menjalin sebuah tali persahabatan.

Gw kasihan sama temen deket gw yang namanya disamarkan itu disebut alay sama temen-temen sekolahnya, menurut gw, dandanan dia ga ada yang salah kok, kenapa dia disebut alay? Ah gw bingung sama mereka yang udah nganggep diri mereka “GAUL” itu. DISKRIMINASI memang sangat kental adanya di dalam pergaulan anak muda saat kini. A lot discrimination!!

Okay, makasih banget buat orang2 yang telah menjawab pertanyaan gw walau pastinya sedikit gondok karna gw ajak adu debat sedikit, hehe. Tolong di komentari ya, maaf kalo ada salah2 kata, Indonesia negara demokrasi, semua orang boleh berpendapat. Dan Sebelumnya, tulisan ini saya kopi dari Wordpress saya, alasannya sama seperti yang dibawah.

Thanks!!

Am Out!!

Galih Arghubi!!

Tidak ada komentar: