Selasa, 11 November 2008

Hip Hop Music and Hip Hop Lifestyle, In my Version

Hip Hop, menurut wikipedia, Hip Hop adalah sebuah perpaduan yang sangat dinamis antara sebuah genre musik dengan sebuah kebudayaan, yang kemudian menjadi sangat melekat sebagai gaya hidup, atau life style.Sebenernya di Hip Hop itu terdiri dari 4 elemen inti, yaitu, Rappin’, DJ-ing,Graffiti, and Break Dancing.

Dan sekarang, menurut gw, di Indonesia Hip Hop sudah berubah, banyak sekali perubahan perubahan dari gaya hidup, penampilan, dan kelakuan. Contohnya, Graffiti, ya mungkin para writer2nya ga perlu diketahui, asal usulnya, kelakuannya dan bagaimana cara menggambarnya. Mungkin dalam pikiran mereka “pembuatnya tak perlu diketahui orang, karna mungkin ini adalah sebuah tindakan kriminal” atau mungkin ada sebagian kecil graffiti writers berpikir, “gw pembuatnya, gw harus diketahui oleh orang banyak, gw udah bikin gambar ini susah susah masa nama gw ga tenar!”. Dan setelah graffiti writers diketahui, gw kira dandanan mereka, gaya hidupnya, dan tingkah lakunya seperti seorang Hip Hop, dengan Celana Gombrong, Baju Gombrong, Topi New Era, Slayer di Kepala, dan Blink-Blink(kalau ada, ini hanya tambahan). Ternyata, dugaan gw meleset jauh, dandanan mereka seperti anak-anak emo, street punk, metal, atau yang bener2 berbeda jauh dari yang gw bayangkan diatas.

Gw sebagai pecinta Hip Hop, dan sekarang sedang belajar sedikit-sedikit tentang graffiti merasa, “kok dandanan mereka seperti itu, apakah mereka tak mengetahui apakah sejarah dari graffiti? sungguh sangat disesalkan.”

Dan salah satu contoh perubahan lagi, para Hip Hoper di Jakarta sendiri yang gw tau,(yang gw tau lhooo!, kalo salah ya tolong diingatkan) bener-bener terpaut sama satu komunitasnya sendiri, seperti, Rapper hanya berkumpul dengan sesama Rapper, dan Graffiti Writers hanya berkumpul dengan sesama Graffiti Writers, Breaker juga sama. Apakah itu yang sesungguhnya di sebut Hip Hop Life Style? Sehingga sesama elemen Hip Hop pun enggan untuk bergabung, dan orang lain melihat bahwa ini adalah sebuah komunitas khusus yang ga boleh sembarang orang masuk.

Sungguh banyak pertanyaan yang menggeluti di pikiran yang ga bisa gw tulis disini, karna gw ga bisa jawab sendiri.

Gw jadi bisa menyimpulkan, Hip Hop adalah sebuah kebudayaan unik dari Amerika, yang didalamnya berisi Rapper, Graffiti Writers, DJ, and B-Boy (Break Dancer).

Dan apakah itu Hip Hop Music atau Rap Music, menurut gw Hip Hop music adalah sebuah sastra berupa lantunan lirik yang diiringi musik agar enak di dengar. Lirik-lirik itu rata-rata dari pengalaman sendiri dan sedikit tambahan metafora atau hiperbola mungkin. Makanya gw suka banget sama Genre Music ini karna ini adalah musik yang jujur, musik yang unik, dan musik yang sangat dalam jika lirik-liriknya berupa kiasan-kiasan yang dilantunkan dalam sebuah lagu.

At Least, i’ll say thank you for wikipedia.org yang telah membantu gw untuk mendapatkan referensi. Dan gw mengucapkan banyak terima kasih kepada kalian yang membaca tulisan ini, memberi komentar, dan memberi kritik yang membangun atas tulisan saya dan karya-karya para Hip Hoper. Btw, tulisan ini gw copy dari wordpress saya, soalnya saya udah memutuskan untuk fokus ke Blogspot aja.

Support Hip Hop Local!!

Am Out!!

Galih Arghubi!

Tidak ada komentar: